PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN

Visi

Visi program studi teknik mesin :

Menjadi program studi yang unggul di bidang keilmuan teknik mesin dalam membangun peradaban bangsa dengan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan sumber daya manusia berdasarkan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

Misi

Misi program studi teknik mesin :

1. Menyelenggarakan proses pembelajaran dalam bidang keilmuan teknik mesin yang meliputi kompetensi konversi energi, konstruksi dan manufaktur, dan alat berat berdasarkan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
2. Menyelenggarakan penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui pemberdayaan dan pengembangan kehidupan bermasyarakat berdasarkan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

Tujuan

Tujuan yang ingin dicapai oleh program studi teknik mesin :

1) Menghasilkan sarjana teknik mesin yang profesional, kreatif, inovatif, mandiri, dan bertanggungjawab serta memiliki integritas terhadap Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
2) Melaksanakan tatakelola program studi yang efektif, efisien, transparan, akuntabel, sustainabel yang berorientasi sistem penjaminan mutu.
3) Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dan kemandirianyang handal di bidang penelitian.
4) Menghasilkan skripsi mahasiswa yang berbasis penelitian dan perencanaan yang sesuai dengan bidang keilmuan kompetensi konversi energi, konstruksi dan manufaktur, dan alat berat.
5) Menghasilkan penelitian, pengabdian masyarakat dan karya ilmiah serta terpublikasi pada jurnal, nasional dan internasional.
6) Mengupayakan kerjasama di tingkat regional, nasional maupun internasional yang mendukung proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.