Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) merupakan salah satu lembaga yang diberikan tugas dan wewenang untuk mengelola Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat baik melalui hibah Dikti dan hibah Internal UMSU, dan hibah lainnya yang diperuntukkan untuk perguruan tinggi.

Salah satu bentuk dari kegiatan tri dharma perguruan tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat, Dosen Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara melakukan kegiatan perancangan mesin pengaduk bumbu kripik ubi untuk peningkatan produksi industri rumah tangga di Desa Sidodadi Ramunia Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (30-6-2020).

Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut, Kepala Dusun (Kadus) Kauman Bapak Marwan sangat menyambut baik dan antusias kegiatan yang dilakukan oleh Dosen Teknik UMSU. Beliau mengucapkan banyak terima kasih kepada Tim Dosen Teknik UMSU yang telah bersedia datang serta memperhatikan kebutuhan desa mereka. Kegiatan ini berlangsung di salah satu tempat industri rumah tangga Ibu Astuti, yang diikuti perwakilan industri rumah tangga lainnya.

Dokumentasi Foto bersama saat pelaksanaan Ketua Tim Pelaksana PKM Affandi, ST,.MT bersama Anggota dan masyarakat desa sidodadi ramunia kecamatan beringin kabupaten deli serdang

            Ketua Tim Pelaksana PKM Affandi, ST,.MT yang didampingi oleh anggota, Khairul Umurani,ST,.MT dan Chandra A Siregar, ST,.MT, mengatakan, bahwa kendala yang dihadapi dalam proses pengadukan bumbu kripik dilakukan dengan cara manual. Proses pengadukan tersebut dibutuhkan waktu yang cukup lama, selain itu tidak efisien terhadap waktu. Proses pengadukan bumbu kripik secara manual ini membutuhkan tenaga yang sangat besar karena proses pengadukan bumbu dilakukan secara kontineu. Kemudian dari kegiatan program kemitraan masyarakat ini terbangunnya mesin pengaduk kripik ubi yang bertujuan untuk mengaduk bumbu kripik ubi dengan cepat, sistem produksi bumbu kripik ubi dapat ditingkatkan dan hasil yang diperoleh lebih baik lagi.

Pada kegiatan perancangan mesin pengaduk kripik ini, turut dihadiri juga oleh beberapa mahasiswa dan alumni Teknik UMSU.

Dokumentasi Foto bersama diakhir kegiatan Ketua Tim Pelaksana PKM Affandi, ST,.MT bersama Anggota dan masyarakat desa sidodadi ramunia kecamatan beringin kabupaten deli serdang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *