Deli Serdang – Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Dosen Pembimbing lapangan (DPL) Citra Utami, ST. MT, Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara , bersama mahasiswa kuliah kerja nyata  di SD Negeri 101965 desa Kotasan, kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang, diikuti oleh 25 orang siswa kelas IV, selama 1 (satu) hari, yaitu pada tanggal 8 Agustus 2019.

Dokumentasi mahasiswa KKN dan DPL bersama warga dan perangkat desa

Dosen Pembimbing lapangan Citra Utami, ST. MT, mengatakan Metode yang dilakukan adalah dengan menjelaskan manfaat menabung dan cara pembuatan celengan dari bahan kaleng bekas, kemudian dilanjutkan dengan memberikan pelatihan secara langsung kepada siswa/i. Kegiatan di awali dengan mempersiapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan, kemudian mempraktekkan cara pembuatan celengan bersama dengan siswa/i.

“Hasil yang dicapai dengan adanya pelatihan ini adalah  siswa memiliki wawasan manfaat menabung dan mampu memanfaatkan bahan bekas yang ada di lingkungan sekitar menjadi barang yang bermanfaat, menjadi pribadi yang mandiri dengan mampu membuat celengan sendiri, serta mampu mengembangkan kreativitas yang dimiliki ” papar dosen DPL.

Dokumentasi Penjelasan pembuatan celengan

Pelatihan pembuatan celengan dari kaleng bekas ini memberikan wawasan baru kepada siswa tentang manfaat menabung sejak dini, menumbuhkan kreativitas serta cara pemanfaatan barang bekas menjadi barang yang bermanfaat dengan membuat celengan sendiri dari kaleng bekas. Celengan yang dihasilkan dari pelatihan ini masih digunakan untuk pribadi dengan bentuk dan hiasan yang sederhana. Diharapkan siswa dapat berkreasi membuat celengan yang lebih unik dan beragam bentuk sehingga memiliki nilai jual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *