Dokumentasi Pelatihan pembuatan gantungan kunci dari bahan resin

Deli Serdang РKegiatan Pengabdian dilaksanakan oleh Dosen Pembimbing lapangan Noorly Evalina, ST. MT, Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara , bersama mahasiswa kuliah kerja nyata  di SD Negeri 101964 desa Jaharun A, kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang, diikuti oleh 2 (dua) kelas dengan jumlah siswa 60 orang siswa, selama 1 (satu) hari, yaitu pada tanggal 21 Agustus 2019.

Dosen Pembimbing lapangan Noorly Evalina, ST. MT, mengatakan metode yang dilakukan adalah dengan menyampaikan cara pembuatan gantungan kunci dari bahan resin dengan menggunakan power point untuk menambah pengetahuan siswa, dan kemudian diberikan pelatihan secara langsung, dimulai dengan mepersiapkan alat dan bahan, pengadukan resin dan katalis, pencetakan gantungan kunci.

“Hasil yang dicapai dengan adanya pelatihan ini adalah¬† siswa memiliki wawasan tentang souvenir dan cendera mata dengan menggunakan teknik resin, mengetahui bahan-bahan dasar yang digunakan untuk teknik resin serta alat-alat yang perlu dipersiapkan dan mengetahui proses dasar pembuatan souvenir khususnya pembuatan gantungan kunci” papar dosen DPL.

Dokumentasi Pencetakan resin

Pelatihan pembuatan gantungan kunci dari bahan resin ini menyebabkan peserta pelatihan memiliki wawasan tentang bahan-bahan dan alat yang digunakan untuk teknik resin, meliputi proses pencampuran resin dengan katalis, proses pencetakan, serta proses pelepasan gantungan kunci dari cetakan dengan berbagai bentuk dan motif sederhana, diharapkan pada masa yang akan datang siswa dapat mengembangkan kemampuannya lebih baik lagi dengan bentuk dan motif yang beraneka ragam, sehingga mampu memproduksi secara mandiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *