Medan,

Sebagai wujud program pengabdian masyarakat, dosen program studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Dr. Eng. Rakhmad A. Siregar dan Chandra A. Siregar, ST. MT membangun dua Turbin Angin Darrieus-Savonius yang akan mendukung program wisata laut dan kuliner di Medan-Belawan. Program ini bersinergi dengan pengusaha seafood marine cafee dalam hal pembangunan pondasi tiang turbin angin dimulai bulan September lalu.

Dalam penandatangan berita serah terima turbin angin, Selasa 15 oktober 2019, Ketua Program Studi Teknik Mesin, Afandi, ST, MT mengungkapkan agar turbin angin ini juga bisa digunakan sebagai alat penelitian pada tugas akhir mahasiswa teknik mesin UMSU. Beliau menuturkan bahwa kegiatan PKM ini sebagai implimentasi nyata nilai Tri Dharma perguruan tinggi khususnya dari dosen-dosen UMSU.

Menurut ketua pelaksana PKM, Rakhmad A. Siregar, lokasi dan jenis turbin angin yang digunakan adalah hasil suatu kajian akademik dan telah dipublikasikan dalam jurnal pengabdian. Kapasitas yang dipilih adalah 2×300 watt yang sangat ideal digunakan sebagai energi listrik di jembatan penyebrangan titi panjang yang berdampingan dengan seafood marine cafee. Chandra A. Siregar menambahkan bahwa penerangan gratis dari lampu hiasan yang terbentang sepanjang jembatan juga bermanfaat bagi masyarakat pengguna perahu penyeberangan. Menurutnya masih tersedia watt listrik berlebih terutama pada sore dan malam hari untuk dimanfaatkan oleh pengusaha perahu sebagai sumber listrik

Dokumentasi foto ketua peneliti Dr.Eng. Rahmat arief siregar, dan wakil ketua Chandra A siregar, S.T,M.T,  berlatar belakang turbin darius yang telah berdiri tegak dan telah beropersi.

Putut adi syahputra sangat senang diberikan aset berharga yang membantu usaha restoran seafood yang dikelolanya. Hembusan angin yang cukup kencang di sore dan malam hari termanfaatkan tidak hanya sebagai suasana laut yang asri tetapi juga termanfaat sebagai sumber energi terbarukan. Banyak tamu yang terhibur dengan suara bunyi semilir angin yang juga dihasilkan Turbin Angin dan tentunya menjadi objek Selfie baru. Putut berencana untuk mengiklankan café nya dengan turbin angin sebagai salah satu ikon penanda restorannya.

Dokumentasi foto turbin darius tampak dari pelataran depan cafe dan sisi jalan raya, menandakan tinggihnya tiang juga bermaksud agar warga sekitar dapat melihat dari kejauhan.

Dokumentasi vidio pengoperasian turbin angin Darius.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *