Dokumentasi Peserta Training Of Trainers Instruktrur Pengenalan Kehidupan Kampus  Bagi Mahasiswa Baru            ( PKKMB)

Medan-Fakultas Teknik UMSU melaksanakan Training Of Trainers Instruktrur Pengenalan Kehidupan Kampus  Bagi Mahasiswa Baru ( PKKMB)  diruangan Kuliah Fakultas Teknik Jl. Mukhtar Basri No. 3 Medan (19/9) demikian dikatakan Dekan Fakultas Teknik UMSU Munawar Al Fansury Siregar, ST.,M.T yang di wakilkan oleh Wakil Dekan I dan III Dr. Ade Faisal, ST.,MSc dan Khairul Umurani, ST.MT.

Kegiatan PKKMB ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa, di dalamnya diisi dengan berbagai kegiatan yang terkait dengan penanaman wawasan kebangsaan/cinta tanah air/bela negara dan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan akademik, kegiatan kemahasiswaan serta kebijakan kampus sehingga dapat menjadi bekal untuk mendukung keberhasilan studinya di perguruan tinggi. “untuk itu kita selenggarakan TOT ini sebagai persiapan menyambut PKKMB” Ungkapnya

Kegiatan ini  dihadiri Pimpinan Prodi Teknik Mesin,  Sipil Elektro,  Dosen   dan Mahasiswa aktif  yang ikut serta mendampingi pada pelaksanaan PKKMB tersebut.

Khairul Umurani,S.T,M.T Wakil Dekan III  menambahkan kegiatan TOT atau singkatan dari Training Of Trainer dalam bahasa Indonesia berarti Pelatihan untuk Pelatih.”PKKMB harus direncanakan secara matang agar dapat dijadikan momentum bagi mahasiswa baru untuk mendapat informasi yang tepat mengenai sistem pendidikan di perguruan tinggi baik bidang akademik maupun non-akademik. PKKMB juga diharapkan dapat menjadi penyadaran akan adanya hal-hal yang dapat menghambat studi mahasiswa baru termasuk bisa menghambat pencapaian tujuan nasional misalnya masalah radikalisme, terorisme, penyalahgunaan narkoba, plagiarisme, korupsi dan lainnya. Selain itu PKKMB juga diharapkan merupakan ajang penyadaran akan pentingnya pemahaman tentang globalisasi dan revolusi industri 4.0 yang menuntut mahasiswa untuk menjadi orang-orang yang menghayati dan memiliki literasi data, literasi teknologi dan literasi kemanusiaan serta kesiapan untuk penguasaan kompetensi yang diperlukan di abad 21. Kompetensi-kompetensi itu antara lain kemampuan berpikir nalar kreatif dan kritis, problem solving, terampil berkomunikasi, berkolaborasi, memahami bidang kerja dan pengembangan karirnya serta melek digital.” tegasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *