Medan,

Program Studi  Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) akan membangun dua unit pembangkit listrik turbin angin jenis xaverius-darius dikawasan pantai wisata bahari Belawan. Pembangunan turbin angin tersebut merupakan kegiatan pengabdian masyarakat (PKM) yang dibiayai melalui hibah pengabdian masyarakat Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) tahun anggaran 2019.

“ Pembangunan turbin angin tersebut diharapkan dapat meningkatkan menjadi daya tarik dan icon baru dikawasan pantai wisata bahari sehingga dapat meningkatkan jumlah pengunjung yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar,” kata ketua tim pengabdian masyarakat Dr. Eng. Rakhmad Arief Siregar didampingi anggota tim Chandra A Siregar ST MT beserta Ketua Prodi Teknik Mesin UMSU,  Affandi, ST MT di Kampus UMSU, (10/9/2019).

Dokumentasi pengerjaan ponadasi tiang Turbin Angin Xavarius-Darius

Arief menjelaskan, berdasarkan turbin angin tersebut akan dibangun berdekatan dengan penyebrangan titi panjang Belawan, yang juga merupakan salah satu wisata kuliner seafood di wilayah Pantai Belawan. “Arus listrik yang dihasilkan akan dialirkan untuk menerangi kawasan penyebrangan titi panjang,” kata Arief.

Menurutnya, potensi energi angin dikawasan pantai Belawan sangat laiak untuk dimanfaatkan. Besaran kecepatan angin rata-rata 4,5 meter per detik, bahkan nilai maksimumnya dapat mencapai 11,5 meter per detik. “Pada kecepatan angin 1,5 meter per detik, Turbin angin ini sudah bisa menghasilkan listrik. Jadi posisi pantai belawan memang sangat cocok untuk pemasangan turbin angin,” tegasnya sembari mengatakan Program pengabdian masyarakat tersebut, juga mendorong pencanangan wisata bahari sudah diresmikan beberapa waktu lalu oleh wakil walikota Medan.

Sementara itu, Ketua Prodi Teknik Mesin, Affandi, S.T., M.T mengatakan program tersebut merupakan bentuk implementasi teori yang telah banyak didiskusikan dikalangan prodi. “Salah satu fokus prodi teknik mesin adalah pengembangan energi beru dan terbarukan. Ini adalah salah satu contoh bentuk nyata yang telah dikembangkan oleh dosen-dosen di teknik mesin umsu,” katanya.

Saat ini, lanjutnya, Teknik Mesin UMSU aktif dalam mengembangkan peralatan untuk  Energi Baru dan Terbarukan (EBT) yang dimulai dari energi surya, angin dan air.  Salah satu program tahun ini, adalah perancangan dan pembangunan turbin angin dengan kombinasi teknik antara saverius dan darius. ”Turbin angin saverius – darius  di luar negeri telah banyak digunakan sebagai sumber energi untuk penerangan lampu jalan,” kata  Affandi.


Dokumentasi survey lokasi letak Turbi Angin Xavarius-Darius


Dokumentasi lokasi akan dibangunnya Turbin Angin Xavarius-Darius

Dokumentasi Ketua didampinggi anggota Tim dilokasi pembangunan Turbin Angin Xavarius-Darius

Dokumentasi Diskusi bersaama Komandan Batalyon Pertahanan I Belawan Letkol Marinir James Munthe ,M.Tr dengan Ketua Tim Arief juga di dampingi anggota Tim Chandra, Hal masih tentang rencana pembangunan Turbin Angin Xavarius-Darius di kawasan titi Panjang Belawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *