20190502_123935

Dokumentasi Gubernur dan Wakil Gubernur ke Stan Pameran karya Ilmiah Dosen dan Mahasiswa Fak. Teknik UMSU

Medan – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyebut capaian pendidikan pada 2019 ini cukup memuaskan. Seluruh capaian ini menurutnya tidak terlepas dari peran seluruh pihak yang terkait dengan dunia pendidikan. “Beberapa hasil survei menunjukkan bahwa tingkat kepuasan terhadap pelayanan pendidikan kita di antara pelayanan-pelayanan lain, paling tidak selalu berada di nomor dua, bahkan di beberapa hasil survei kita berada di nomor satu,” kata Edy Rahmayadi dalam sambutan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di P4TK Helvetia, Kamis (2/5/2019).

Edy Rahmayadi pun menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya atas seluruh capaian yang diraih sektor pendidikan di Indonesia. Selanjutnya ia berharap dengan capaian ini, seluruh pihak bisa terus meningkatkan kerja keras. “Untuk itu kita bersyukur, dan marilah kita terus tingkatkan kerja kita untuk memberikan yang terbaik demi masa depan anak didik kita, pendidikan kita untuk mendukung Indonesia maju,” ujarnya.

Dalam kunjungan ke pamaeran  Pekan pendidikan dan kebudayaan ini yang merupakan rangkaian dari acara memperingati Hari Pendidikan Nasional. Mengusung tema Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan dengan Mewujudkan SDM Kompetitif, Inovatif, dan Berkarakter,Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi didampingi Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah memberikan apresiasi kepada Fakultas Teknik UMSU dalam Pameran Alat-alat Karya Ilmiah Dosen dan Mahasiswa Teknik UMSU.

“UMSU sudah memiliki Akreditasi “A” untuk Universitas di Sumatera,  Memasuki era revolusi industri 4.0 atau era yang sering disebut sebagai ‘era disrupsi’, inovasi berbasis digitalisasi merupakan urgensi yang tidak bisa diabaikan. UMSU sebagai lembaga pendidikan harus mampu mengakomodasi semua kebutuhan yang bisa mendukung kualifikasi dan kompetensi, serta membangun kemandirian dan daya saing” Tegas Edy memparkan hal tersebut di pameran Fakultas Teknik UMSU.

Dalam kesempatan ini Dekan Fakultas Teknik UMSU Munawar Alfansury Siregar, ST.,MT didampingi Wakil-wakil Dekan I dan III Dr. Ade Faisal, M.Sc dan Khairul Umurani,ST.,MT menegaskan kembali bahwa Revolusi industri generasi empat tidak hanya menyediakan peluang, tetapi juga tantangan bagi generasi milineal. Peran mahasiswa sangat dibutuhkan saat ini. Melihat perkembangan teknologi yang semakin pesat, diharapkan mahasiswa di Indonesia bisa ikut serta dalam mengembangkan teknologi bukan hanya menjadi penonton saja. Tantangan era revolusi industri ini perlu dijawab dengan peningkatan kompetensi alumni terutama penguasaan teknologi komputer, keterampilan berkomunikasi, kemampuan bekerjasama secara kolaboratif, dan kemampuan untuk terus belajar dan adaptif terhadap perubahan lingkungan.

20190502_210704

Dokumentasi Dekan Fakultas Teknik UMSU Munawar Alfansury Siregar, ST.,MT didampingi Wakil-wakil Dekan  III Khairul Umurani,ST.,MT beserta para Alumni Fakultas Teknik UMSU

“Peran lembaga pendidikan harus melakukan desai ulang kurikulum dengan pendekatan human digital , menuju transformasi skil  dengan memanfaatkan teknologi informasi komunikasi (TIK). Pergurun tinggi juga harus berkolaborasi antara dunia industri, lembaga diklat, asosiasi untuk  identifikasi kebutuhan kopetensi masa depan serta investasi pengembangan digital skil  dan pengakuan (rekognisi) kopetensi. sedangkan peran mahasiswa harus mempersiakan diri delam menghadapi tantangan dan mahasiswa dituntut untuk mampu memanfaatkan teknologi informasi dengan sebaik-baiknya sehingga memiliki kopetensi yang unggul dan mampu bersaing dalam perkembangan era revolusi industri 4.0, Ungkap Dekan pada kunjungan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi didampingi Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah pada Pameran Alat-alat Karya Ilmiah Dosen dan Mahasiswa Teknik UMSU.

20190502_123912

Dokumentasi..Dosen Fak. TEKNIK UMSU Partaonanan Harahap dgn Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *