img-20180905-wa0080

Skripsi merupakan tahap akhir proses belajar mengajar yang harus diselesaikan oleh mahasiswa untuk mendapatkan gelar Sarjana di jenjang pendidikan Strata 1 (S1). Menjelang semester akhir mahasiswa wajib mengetahui syarat-syarat dan proses dalam pengajuan dan pembuatan skripsi. Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), dalam upaya peningkatan mutu pendidikan dan lulusannya mengadakan kegiatan Workshop Penyusunan Pedoman Penulisan Tugas Akhir, Kerja Praktek dan Tugas Rencana Elemen Mesin Berbasis Kurikulum SN Dikti demikian dikatakan Dekan Fakultas Teknik UMSU Munawar Alfansury Siregar, ST.,MT yang diwakilkan oleh Wakil Dekan I Fakultas Teknik UMSU I Dr. Ade Faisal, ST., M.Sc di dampingi Wakil Dekan III UMSU Khairul Umurani, ST.,MT pada sambutan pembukaan kegiatan tersebut.

“ Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa mengetahui dan memahami syarat, prosedur dan aturan dalam pembuatan skripsi. kegiatan dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 4-5 September 2018, di ruang gedung Fakultas Teknik UMSU, diikuti oleh Pimpinan masing-masing Program Studi, Lembaga GPM,UPM dan OJS berserta beberapa dosen” tegas Ade Faisal.

Pemaparan tentang prosedur, syarat-syarat dan ketentuan serta kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa yang melaksanakan Tugas Akhir secara khusus tentang Metode Penelitian. Berikutnya peneliti akan mencari jawaban yang hakiki, untuk itu mereka memerlukan penelitian lebih lanjut. Untuk melakukan penelitian tersebut memerlukan metode atau cara-cara tertentu, dimulai dari menentukan desain atau pendekatan penelitian, mendefinisikan variabel secara operasional, menentukan sampel, bagaimana teknik mengumpulkan data dan menganalisis data.

Khairul Umurani, ST., MT menambahkan bahwa kegitan ini diharapkan mahasiswa dapat menentukan fokus bidang keilmuan yang akan diteliti dan dijadikan sebagai tugas akhir. Dan mahasiswa juga diharapkan dapat berkonsultasi dengan dosen yang berkompeten pada bidang ilmu yang diminatinya. “kita selalu memberikan nasihat dan motivasi kepada mahasiswa agar giat dalam menjalankan kegiatan tugas akhir dan dapat mengejar target kelulusan yang tepat waktu dengan predikat yang baik. Sehingga diharapkan sebagian besar mahasiswa dapat menyelesaikan tugas akhir dan lulus sarjana tepat waktu sesuai dengan kurikulum SN Dikti.

Selain workshop ini, dalam acara tersebut juga para peserta dikenalkan dengan software reference manager yang sangat bermanfaat untuk mengelola sitasi yang akan dimuat ke dalam laporan. Adapun software yang digunakan untuk mengelola sitasi tersebut adalah Mendeley dan Zotero.ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *