FATEK UMSU

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mengadakan pelatihan aplikasi untuk mempublikasikan penelitian yaitu Science and Technology Index (SINTA) pada kamis, 25 Januari 2018 di Gedung Teknik UMSU Jl. Mukhtar Basri No. 3 Medan. Dekan Fakultas Teknik UMSU, Munawar Alfansury Siregar, ST.MT, dalam pembukaan kegiatan pelatihan ini mengatakan SINTA  merupakan sebuah program aplikasi portal yang berisi tentang pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang meliputi kinerja peneliti/penulis/author, kinerja jurnal, dan kinerja institusi Iptek. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah publikasi penelitian yang dilakukan oleh dosen, peneliti, maupun mahasiswa.

Dikatakannya, perbedaan SINTA dengan portal peng-indeks yang lain yakni, Sinta sudah mengarah ke portal pengindeks global (Internasional) semisal Scopus yang sudah memiliki fitur yang lebih lengkap karena sudah dilengkapi dengan beberapa fitur seperti: Citation, Networking, Research dan Score. Selain itu keunggulan utamanya dapat secara otomatis meng-indeks hasil karya yang telah ter-indeks di Google Scholar, Scopus, InaSTI dan Indonesian Publication Index (IPI).

“Sehingga dapat dipetakan kepakaran, dan dilakukan pemeringkatan kinerja penulis, institusi dan jurnal terbaik di Indonesia, ungkapnya didampingi Wakil Dekan 1 dan 3,  Ade Faisal, ST, M.Sc, PhD dan Khairul Umurani, ST.MT.

Diharapkannya, dengan adanya portal SINTA ini dapat memotivasi para dosen dan peneliti agar lebih giat menghasilkan publikasi dan  sistem ini juga akan menjadi bagian untuk mendorong kenaikan jabatan fungsional dosen. Selain itu, dengan adanya SINTA ini dapat mengurangi ketergantungan terhadap sistem publikasi luar dan dapat lebih meningkatkan publikasi jurnal atau publikasi lainnya.

Sementara itu, Dosen Fakultas  Teknik  Rimbawati, ST.MT yang merupakan Ketua Gugus Penjamin Mutu (GPM FT UMSU), mengajak agar semua penulis dan peneliti di lingkungan Fakultas Teknik UMSU lebih meningkatkan kinerja penelitian dan publikasi demi meningkatkan nama besar Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara di kancah nasional dan internasional.

Rimbawati mengatakan, kegiatan  ini dihadiri oleh 20 Dosen Fakultas Teknik UMSU. Untuk meningkatkan nilai indeks kinerja penelitian dan publikasi jurnal salah satu cara nya dengan menggunakan aplikasi SINTA ini.

Rimbawati menambahkan, publikasi jurnal maupun karya tulis akan dihitung oleh aplikasi SINTA. Hal itu untuk mengetahui berapa banyak publikasi yang sudah dilakukan. Namun yang lebih penting ialah jurnal tersebut dapat disitasi oleh peneliti lain. “Secara otomatis apabila suatu jurnal dipublikasi dalam aplikasi SINTA dan banyak yang melakukan sitasi jurnal tersebut maka nilai penulis dan lembaga pun akan naik dalam penilaian Kemenristekdikti.”, ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *