Dirangkaikan Bakti Sosial

Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi membuka acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru atau PKKMB di UMSU tahun 2016, yang berlangsung di Kampus Jalan Kapt. Mukhtar Basri Medan, Senin (29/8).

Acara ini dihadiri Rektor UMSU Dr Agussani, MAP, Wakil Rektor Dr Muhammad Arifin, Akrim, MPdi, Rudianto, M.Si, pimpinan fakultas, Prodi, pimpinan lembaga mahasiswa, Direktur Pascasarjana Prof Dr Ediwarman, Wakil Badan Pembina Harian Dalail Ahmad, MA, Ketua PW Muhammadiyah Sumut Prof Dr Hasyimasyah Nasution, pimpinan Ortom Muhammadiyah serta pimpinan Aisyiyah, Ketua BKPRMI Pusat, Said Aldi Al Idrus.

Pada kesempatan itu, Gubsu disambut Rektor dan sivitas akademika UMSU serta 4.900 mahasiswa baru berseragam hitam putih yang siap mengikuti PKKMB selama tiga hari dan dilanjutkan Masa Ta’aruf klosal Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah serta pemberian muatan Bela Negara oleh Pangkostrad Letjen TNI Edy Ramayadi dimulai 1-3 September.

Gubsu menyatakan bangga pada pelaksanaan PKKMB di UMSU yang humanis, mengedepankan kreatifitas mahasiswa dan melakukan bakti sosial.

Gubsu juga gembira pada mahasiswa memilih UMSU sebagai tempat kuliah karena perguruan tinggi ini terbaik antar PT Muhammadiyah se-Indonesia begitu juga teratas antar perguruan tinggi di Indonesia.

Acara tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya karena dipersiapkan cukup apik, humanis dan full persembahan bakat- kreatifitas mahasiswa dari Unit Kemahasiswaan UMSU yang berprestasi tingkat lokal, nasional sampai internasional seperti olah vokal, paduan suara dan tarian-tarian klosal.

Melihat hal itu Gubsu mengatakan, PKKMB ini penting dan strategis karena dapat membentuk karakter dan moral serta menanamkan nilai-nilai akademik di dalam kehidupan kampus bagi mahasiswa baru. Selain itu PKKBM

menjadi catatan sejarah bagi adik-adik mahasiswa memasuki perguruan tinggi setelah menyelesaikan pendidikan di bangku SMA. Untuk itu, lanjut Gubsu, kegiatan ini menjadi tanggung jawab perguruan tinggi untuk menjamin mahasiswa baru mengenal seluruh hal yang berkaitan dengan dunia kampusnya, apalagi UMSU mengemas acara ini secara apik dan full persembahan kreatifitas mahasiswa, maka PKKMB ini juga amat strategis untuk menggali minat dan bakat adik-adik mahasiswa baru.


Photo: Nazib

Gubsu yakin UMSU dapat mencetak SDM mahasiswa baru menjadi lulusan yang mempunyai kreatifitas intelektual dan daya saing yang tinggi untuk merebut dunia kerja. Gubsu mengingatkan persaingan perguruan tinggi bukan lagi antar perguruan tinggi di daerah dan nasional tetapi antar negara. Untuk itu PKKMB ini awal mencetak mahasiswa yang bermoral dan berdaya saing tinggi di tingkat internasional. “Kini UMSU menuju World Class University dan pusat keunggulan, maka tidak diragukan untuk mencetak lulusan yang unggul cerdas terpercaya,” katanya.

Sementara Rektor UMSU Dr Agussani, MAP dalam sambutan selamat datang kepada Gubsu dan mahasiswa baru menyampaikan apresiasinya kepada Gubsu yang tidak pernah absen pada setiap perhelatan UMSU dan Muhammadiyah.

Selain itu, rektor menyambut rekomendasi yang diberikan Gubsu dalam pengembangan kampus terpadu di lahan baru di Kab. Deliserdang. Untuk itu, lanjutnya, UMSU akan menjadi pusat keunggulan untuk meningkatkan daya saing masyarakat Sumatera Utara melalui pendidikan. Saat ini UMSU terus melakukan pengembangan infrastruktur dan SDM untuk meningkatkan prestasi akademik dan tata kelola untuk menghasilkan lulusan yang kreatif dan berdaya saing tinggi.

Rektor berharap mahasiswa baru mengikuti PKKMB ini sampai selesai agar nanti dapat lebih dekat dengan dunia kampus dan siap berkiprah dan berprestasi dalam dunia akademik, tilawatil quran, olahraga serta seni budaya.

UMSU melalui tim UKM telah menorehkan prestasi juara seni budaya, olahraga, karya ilmiah di Kopertis dan IMTGT Indonesia, Thailand dan Malaysia.

Sebelumnya, Ketua Panitia PKKMB UMSU Rudianto, MSi mengatakan masa orientasi tahun ini dilaksanakan sejalan dengan ketentuan Dirjen Bimawa Kemenriatek Dikti yang mengedepankan prinsip-prinsip humanis yang anti kekerasan.

Usai membuka acara PKKMB, Gubsu didampingi Rektor UMSU Dr Agussani, MAP, sivitas akademika dan pimpinan lembaga mahasiswa menyerahkan paket sembako yang dikumpulkan panitia dari sumbangan mahasiswa baru kepada warga kurang mampu yang berada di sekitar kampus. Penyerahan paket sembako secara simbolis itu disaksikan 4.900 mahasiswa baru. Pada kesempatan itu, rektor pun menyerahkan plakat kepada Gubsu. Setelah Gubsu meninggalkan mahasiswa baru, Rektor kemudian meninjau penyerahan seribuan bungkus sembako kepada masyarakat di lingkungan sekitar kampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *