Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Dr Agussani MAP menandatangani MoU dengan “Suara Muhammadiyah” (SM) dalam hal ini dilakukan Direktur Utama PT Syarikat Cahaya Media (SCM) Deni Asyari, MA yang juga Pimpinan Perusahaan Suara Muhammadiyah di hadapan ratusan ibu-ibu Aisyiyah dan undangan yang menghadiri resepsi Milad Aisyiyah Ke-102 yang diadakan oleh PW Aisyiyah Sumatera Utara di Ponpes Putri Aisyiyah Jalan Demak Medan, Jumat (19/8).Penandatanganan kerjasama disaksikan Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr Haedar Nashir, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumut Prof Hasyimsyah Nasution dan Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Sumut Hj Elynita. Mereka mendukung kerjasama yang dilakukan UMSU dan Suara Muhammadiyah.

Untuk bisa meningkatkan oplah majalah Suara Muhammadiyah di Sumatera Utara, Rektor UMSU Dr Agussani meminta SM untuk dapat memberitakan Muhammadiyah Sumatera Utara atau memuat tulisan para dosen UMSU serta warga Muhammadiyah Sumatera Utara setiap terbitnya. Dengan demikian akan ada ikatan antara SM dengan Muhammadiyah Sumatera Utara. Kerjasama yang ingin dilakukan antara keduanya meliputi bidang periklanan, pengembangan oplah majalah SM di Sumatera Utara dan penerbitan buku dan Al Quran.
Selain itu Rektor UMSU Dr Agussani, MAP mengatakan UMSU maju tidak terlepas dari bantuan publikasi media massa. Untuk itu UMSU menjalin kerjasama dengan dengan SM yang kiprahnya sudah melalang buana untuk mempublikasi dakwah dan mengembangkan iklim akademik. Dengan MoU ini akan lahir penulis atau pemikir yang dapat menuangkan ide pembaruannya dalam bentuk publikasi. Usia Majalah Suara Muhammadiyah tidak jauh dari usia Muhammadiyah dan usia Aisyiyah yang lebih tua dari usia republik ini. Kerjasama ini sebagai momentum awal untuk mendorong Indonesia berkemajuan.

Sementara itu Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara Hj Elynita Koto mengatakan pada Milad ini Aisyiyah akan meningkatkan gerakan dakwah perempuan untuk mencerdaskan masyarakat termasuk akan mendirikan Perguruan Tinggi Aisyiyah sebagai amanat Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Aisyiyah untuk mewujudkan Indonesia berkemajuan. “Tentunya rencana itu akan dipersiapkan secara matang dengan UMSU. Kami optimis program PP Muhammadiyah itu akan terwujud secara nasional terutama di Sumatera Utara,” katanya.

Sekilas tentang SM

Majalah Suara Muhammadiyah adalah majalah resmi Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Dirintis oleh K.H. Ahmad Dahlan dan Haji Fachrodin, Majalah Suara Muhammadiyah (Soeara Moehammadijah) pertama kali terbit pada bulan Dzulhijjah tahun 1333 H (1915 M). Pemimpin redaksi (hoofdredacteur) pertama adalah Haji Fachrodin. Jajaran redaksi (redacteuren) pertama terdiri dari: H. Ahmad Dahlan, H.M. Hisjam, R.H. Djalil, M. Siradj, Soemodirdjo, Djojosugito, dan R.H. Hadjid. Pengelola administrasi: H.M. Maroef dibantu Achsan B. Wadana. Pertama kali terbit, Suara Muhammadiyah hadir sebagai majalah bulanan dengan bahasa Jawa di bawah manajemen Bagian Taman Pustaka Hoofdbestuur (HB) Muhammadiyah Yogyakarta.

Kini, Majalah Suara Muhammadiyah yang telah berusia seabad konsisten terbit dwi mingguan dengan mengusung motto: Meneguhkan dan Mencerahkan. Hadir dengan versi digital dan cetak, Majalah Suara Muhammadiyah yang kini dikelola oleh kader-kader muda Muhammadiyah yang tergabung dalam PT Syarikat Cahaya Media (amal usaha milik Pimpinan Pusat Muhammadiyah) siap menjadi corong utama Persyarikatan Muhammadiyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *